Model Evaluasi Kurikulum dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Aulia, Atika Nurul (2022) Model Evaluasi Kurikulum dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. pp. 1-4.

[img] Text
Atika-Kurikulum.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (171kB)
[img] Text
Atika-Kurikulum.pdf

Download (178kB)

Abstract

Di dalam dunia pendidikan memerlukan pedoman untuk penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan untuk mencapai tujuan tertentu dalam suatu lembaga. Hakikatnya, pengembangan kurikulum itu sendiri merupakan usaha untuk mencari bagaimana rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran. Pengembangan kurikulum bertujuan untuk mencapai nilai-nilai umum, konsep-konsep, masalah dan keterampilan yang akan mencapai tujuan tertentu dalam suatu lembaga. Berdasarkan UU No. 20 tahun 2003 Bab X tentang kurikulum, pasal 36 ayat 1 mengatakan bahwa pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Suatu kurikulum diharapkan mampu memberikan landasan, isi dan menjadi pedoman bagi pengembangan kemampuan siswa secara optimal sesuai dengan tuntunan dan tantangan perkembangan masyarakat.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: Mr Mahasiswa PGMI
Date Deposited: 27 Apr 2022 01:59
Last Modified: 27 Apr 2022 01:59
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/9584

Actions (login required)

View Item View Item