Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi FPB dan KPK Melalui Media Papan Musi

Wahyuni, Indah (2019) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi FPB dan KPK Melalui Media Papan Musi. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Indah Wahyuni (PTK Pak Nur).docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (189kB)

Abstract

Untuk melakukan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran matematika pada materi FPB dan KPK sangat dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang menarik perhatian peserta didik. Selain menarik perhatian peserta didik, media tersebut juga harus bisa mempermudah peserta didik dalam memahami materi FPB dan KPK. Untuk mewujudkan hal tersebut membutuhkan sosok pendidik yang profesional. Dengan adanya pendidik yang profesional maka terwujudlah sebuah media pembelajaran yang PAKEMI. Karena pendidik yang profesional memiliki berjuta-juta ide yang menarik dalam membuat sebuah media pembelajaran. Pada kali ini untuk memprmudah mempelajarai materi FPB dan KPK disini ada media pembelajaran yang berupa papan musi. Seorang pendidik sebelum membuat sebuah media pembelajaran harus mengenali karakter tiap peserta didiknya agar bisa sesuai antara sebuah media pembelajaran dengan materi pembelajaran serta minat bakat peserta didik. Terapkan sebuah media pembelajaran yang bisa dimengerti dan mudah difahami peserta didik. Jangan diberi media pembelajaran yang mempersulitnya, karena daya fikir pendidik dan peserta didik itu berbeda jangan disamakan dengan kemampuan pendidik apalagi anak di usia SD. Setiap media pembelajaran pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, maka pendidik harus melengkapi media pembelajaran tersebut dan harus memiliki ide yang kreatif untuk menyimpulkan sebuah materi pembelajaran. Dengan hal tersebut maka pendidik harus menyesuaikan antara media pembelajaran dengan minat bakat peserta didik agar bisa berjalan sesuai harapan dan bisa mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Kata kunci: hasil pembelajaran, matematika, papan musi

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: pgmi umsida
Date Deposited: 10 Jul 2019 01:52
Last Modified: 10 Jul 2019 01:52
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6362

Actions (login required)

View Item View Item