DESAIN PEMBELAJARAN LITERASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PERMAINAN BENTENG TAKESI(TERAMPIL, KREATIF DAN IMAJINASI)

Mufarikhah, Imas Anisa’ul and Amir, Mohammad Faizal and Zakiyah, Ummu and Yahya, Ach. Zamroni DESAIN PEMBELAJARAN LITERASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PERMAINAN BENTENG TAKESI(TERAMPIL, KREATIF DAN IMAJINASI). Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018. ISSN 2502-6526

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (929kB)
[img] Text
Daftar Isi bold.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Artikel.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Sertifikat Faizal.pdf

Download (178kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan desain model pembelajaran literasi matematika melalui permainan benteng TAKESI (TERAMPIL, KREATIF DAN IMAJINASI) serta membantu menyukseskan pelaksananan SDGS pada target pendidikan dalam kemampuan matematika. Yang dimaksud dengan terampil adalah dalam beragumen matematika, kreatifitas dalam memecahkan masalah matematika serta kemampuan imajinasi siswa. Ketiga komponen tersebut ada dalam komponen literasi matematika yang telah peneliti kombinasi dengan proses literasi matematika berdasarkan TIMSS dan PISA dan disesuaikan dengan kurikulum yang disesuaikan pada sekolah jenjang kelas 4 SD. Metode yang digunakan penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang diadaptasi dari Nieveen yang peneliti sesuaikan dengan kebutuhan sehingga tahapan terdiri atas preliminary stage dan prototiping stage. Pada tahap preliminari satge adalah tahap preliminary stage yang digunakan untuk mengetahui permasalahan dan beserta kajian pustaka atau literatur yang digunakan sebagai dasar untuk perencanaan desain. Pada tahap terakhir adalah prototiping stage yaitu merancang model pembelajaran permainan benteng TAKESI beserta perangkat pembelajarannya (LKK) hasil dari rancangan ini berupa draf I yang akan divalidasi oleh ahli. Kemudian penilaian dinyatakan sangat valid dan hasil dari penelitian ini merupakan draf II yaitu produk final berupa model permainan benteng TAKESI dan perangkatnya yang valid.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 16 Feb 2019 06:42
Last Modified: 16 Feb 2019 06:42
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5859

Actions (login required)

View Item View Item