PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK FLIPBOOK PADA MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN BENTUK BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI ISHLAHUL UMMAH PRANTI

nazihah, urwatun (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK FLIPBOOK PADA MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN BENTUK BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI ISHLAHUL UMMAH PRANTI. Undergraduate thesis, universitas muhammadiyah sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP 142071200024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Mata Pelajaran IPA merupakan pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wadah bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar. Penelitian ini juga dilatar belakangi oleh masalah yang terjadi pada hasil belajar siswa kelas IV di MI Ishlahul Ummah dan cara pembelajaran yang dilakukan oleh guru MI tersebut. Tujuan penelitian ini meliputi: 1) Menjelaskan kelayakan media pembelajaran Flipbook materi sifat dan perubahan wujud benda di kelas IV MI Ishlahul Ummah Pranti. 2) Menjelaskan peningkatan hasil belajar dalam diterapkannya dan dikembangkannya media pembelajaran Flipbook materi sifat dan perubahan wujud benda di kelas IV MI Ishlahul Ummah Pranti. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran Flipbook materi sifat dan perubahan wujud benda untuk kelas IV MI Islahul Ummah Pranti. Model pengembangan yang digunakan adalah model Dick and Carey dengan tahapan desain pembelajaran. Hasil dari pengembangan media pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi ahli konten menggunakan angket mencapai 90,62% berada dalam kualifikasi baik dan sesuai sehingga dapat dilanjutkan ke uji lapangan, hasil validasi ahli desain didapat dengan menggunakan angket mencapai 84,1% berada dalam kualifikasi baik dan sesuai sehingga dapat dilanjutkan ke uji lapangan, hasil validasi ahli bahasa dengan menggunakan angket mencapai 100% berada dalam kualifikasi baik dan sesuai sehingga tidak ada revisi dan dapat dilanjutkan ke uji lapangan, hasil uji coba perseorangan dengan menggunakan angket mencapai 100% berada dalam kualifikasi baik dan sesuai sehingga dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya, hasil uji kelompok kecil dengan menggunakan angket mencapai 100% berada dalam kualifikasi baik dan sesuai sehingga dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya dan uji kelompok besar dengan menggunakan angket mencapai 97,14% berada dalam kualifikasi baik dan sesuai sehingga tidak ada revisi. Hasil analisis uji t menggunakan SPSS 16 dengan taraf signifikasi 0,05 menunjukkan nilai p-value statistik uji t sebesar 0,00 yang berarti <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan pada rata-rata nilai pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest 1440 dan posttest 2155. Pengaruh media pembelajaran ini sebanyak 29,2% sedangkan 70,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Hal ini menunjukkan bahwa media ajar yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MI Ishlahul Ummah Pranti Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran IPA; Flipbook; Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: pgmi umsida
Date Deposited: 29 Aug 2018 07:59
Last Modified: 29 Aug 2018 07:59
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5224

Actions (login required)

View Item View Item