PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BACA TULIS AL-QUR'AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SIDOARJO

Ramdani, Eka Wahyu (2018) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BACA TULIS AL-QUR'AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
( Skripsi lengkap - 142071000003 .Pdf ).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (72MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Islam. Yang dimaksud kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an dalam penelitian ini adalah proses kegiatan di luar jam pembelajaran yang dilakukan oleh siswa dalam hal melafalkan dan menulis ayat-ayat Al-Qur’an dalam rangka meningkatkan potensi Baca Tulis Al-Qur’an siswa. Sedangkan prestasi belajar siswa adalah hasil nilai siswa yang telah dicapai dalam proses pembelajaran yaitu nilai hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Islam, jadi penelitian ini terfokus pada mata pelajaran Al-Islam, yang bertujuan untuk mengantarkan siswa agar lebih mengetahui dan memahami tata cara yang berkaitan dengan perubahan seorang muslim baik yang berhubungan dengan Tuhan, manusia dan alam sehingga dapat tercapai tujuan dari pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data, teknik sampling sistematis, pengisian angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji reliabel (relabilitas), uji t serta uji regresi sederhana. Dilihat dari uji reliabel, uji t serta uji regresi sederhana, maka dapat diketahui Berdasarkan nilai signifikansi dari tabel coefesients diperoleh nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Berdasarkan nilai thitung, diketahui nilai thitung sebesar 0,61 < 1.67155, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kegiatan ekstrakulikurel baca tulis Al-quran (X) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa (Y). Bisa disimpulkan bahwasannya variabel independen mempengaruhi secara signifikan terhadap variabel dependen. Berdasarkan hipotesis yang diajukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara variabel “X” (Kegiatan ekstrakurikuler BTQ) dan variabel “Y” (Prestasi belajar).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler BTQ; Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Islam.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 29 Aug 2018 01:20
Last Modified: 29 Aug 2018 01:20
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5090

Actions (login required)

View Item View Item