Rizqi, Nur Intan (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V DI MI KHOIRUL HUDA SEDATI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
SKRIPSI LENGKAP-142071200014.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi peneliti di MI Khoirul Huda Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo dapat diketahui bahwa belum adanya media audio visual yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi bangun ruang. Pola pembelajarannya masih menggunakan text book oriented yang berarti materi yang disampaikan hanya terbatas pada apa yang tertulis di buku. Seringnya penggunaan media buku dalam proses pembelajaran menjadikan materi yang disampaikan menjadi kurang bervariasi dan pembelajarannya menjadi kurang menarik bagi siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menguji kelayakan dan efektifitas dari media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi bangun ruang kelas V MI Khoirul Huda Sedati. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan Walter Dick and Lou Carey yang memuat 9 tahapan desain pembelajaran dan menghasilkan produk berupa media audio visual materi bangun ruang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi syarat layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan meningkatkan minat belajar siswa. Hasil uji kelayakan produk memenuhi kriteria layak dengan hasil validasi ahli konten sebesar 90%, ahli desain sebesar 100%, ahli bahasa sebesar 100%, uji perseorangan sebesar 100%, uji kelompok kecil sebesar 100%, dan uji kelompok besar sebesar 92,72%. Kemudian hasil uji efektifitas dengan menggunakan SPSS 15 Regresi Linier diperoleh bahwa media audio visual berpengaruh positif terhadap minat belajar dengan total pengaruh sebesar 19,2% sedangkan 80,8% peningkatan minat belajar siswa ditentukan oleh variabel lain di luar penelitian ini. Hasil perhitungan pada α = 5% dengan df= 20 diperoleh t tabel= 2,086 maka didapat t hitung= 2,180 > t tabel= 2,086 sehingga Ha diterima. Dilihat dari nilai signifikansi diperoleh sebesar 0,041 < 0,05 berarti Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara media audio visual terhadap minat belajar. Selanjutnya hasil prosentase minat belajar siswa secara keseluruhan diperoleh sebesar 90,22% dan berada pada kriteria tinggi. Namun dari lima indikator minat belajar ada dua pernyataan yang memiliki prosentase dalam kriteria sedang yaitu indikator perhatian pada pernyataan “siswa mengulang pelajaran Matematika materi bangun ruang di rumah” prosentasenya 68,1% berarti ada 31,9% siswa yang tidak mengulang mata pelajaran di rumah. Kemudian dalam indikator aktivitas atau sikap terhadap pelajaran pada pernyataan “siswa belajar Matematika materi bangun ruang saat ada waktu luang” prosentasenya 72,8% yang berarti 27,2% siswa tidak mempelajari materi bangun ruang saat waktu luang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran audio visual; minat belajar; bangun ruang |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education |
Depositing User: | pgmi umsida |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 07:36 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 07:36 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4993 |
Actions (login required)
View Item |