Analisis Penilaian Ranah Afektif dalam Proses Pembelajaran PKn Kelas V Abu Bakar SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Chasanah, Umrotun (2018) Analisis Penilaian Ranah Afektif dalam Proses Pembelajaran PKn Kelas V Abu Bakar SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Umrotun Chasanah (148620600110))).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan penilaian ranah afektif dalam proses pembelajaran PKn kelas V Abu Bakar SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah pendidik kelas V Abu Bakar di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Model Miles and Huberman, dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan penilaian ranah afektif pendidik sudah mampu membuat perencanaan dengan baik, dari menentukan sikap yang akan dinilai di sesuaikan dengan KD yang akan diajarkan, menentukan kesesuaian alokasi waktu dengan sikap yang dinilai, menyusun kegiatan pembelajaran yang dapat memunculkan aspek afektif peserta didik, dan menentukan teknik sekaligus instrumen yang akan dilakukan unuk menilai sikap peserta didik. Dalam pelaksanaan pendidik sudah melaksanakan sesuai dengan apa yang direncanakan, meliputi menginformasikan aspek yang akan dinilai kepada peserta didik, penilaian ranah afektif sesuai dengan apa yang sudah ditentukan, mengamati aspek peserta didik selama proses pembelajaran, mencacat aspek peserta didik ke dalam instrumen yang sudah dibuat, memberikan umpan balik kepada peserta didik sesuai dengan kemampuan afektif. Dalam pengolahan penilaian ranah afekif, pendidik merekapitulasi terlebih dahulu hasil penilaian ranah afektif setelah itu dikelola sebagai sumber informasi kepada peserta didik dan orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Penilaian Ranah Afektif; Kelas V; PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 01:52
Last Modified: 28 Aug 2018 01:52
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4819

Actions (login required)

View Item View Item