PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III SDN DUKUH TENGAH

Eriyanti, Erni (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III SDN DUKUH TENGAH. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP 148620600201.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan siswa Sekolah Dasar untuk mempelajari PKN.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar PKN siswa kelas III di SDN Dukuh Tengah Materi Kekhasan Bangsa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis Pre Experimental Design tipeOne Group Pre-test Post-test Design. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dan perhitungan eta squared. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar PKN siswa kelas III di SDN Dukuh Tengah materi kekhasan bangsa Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa thitung (2,02)> ttabel (25,2). maka Ha diterima Ho ditolak. dan besarnya pengaruh dalam penelitian ini dapat dilihat dari hasil perhitungan Eta Squared yang menunjukkan hasil 0,94. Apabila merujuk pada kriteria interpretasi perhitungan eta squared penelitian ini dapat dikatakan berpengaruh besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; hasil belajar PKN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 27 Aug 2018 08:21
Last Modified: 27 Aug 2018 08:21
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4775

Actions (login required)

View Item View Item