PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DALAM UPAYA MENINGKATKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH 5 TULANGAN

Dakhroni, Mokhammad (2018) PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DALAM UPAYA MENINGKATKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH 5 TULANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI PAK DARKONI - 142071000058.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada saat pembelajaran pendidikan akhlak di kelas IX A SMP Muhammadiyah 5 Tulangan, guru masih menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran terkesan membosankan. Nilai siswa di kelas tersebut masih banyak yang dibawah KKM. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian ini dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana penerapan metode tanya jawab pada mata pelajaran Pendidikan Akhlak di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan?. 2) Apakah penerapan metode tanya jawab dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan akhlak di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan?. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan 3 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode tanya jawab untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan akhlak. Dan untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah menggunakan teknik observasi, angket, tes, dan dokumentasi.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan akhlak dengan menggunakan metode Tanya jawab dapat peningkatan prestasi belajar siswa, dengan nilai rata-rata pada siklus I = 78, kemudian pada hasil post test siklus II nilai rata-rata prestasi belajar = 83, dan setelah post test siklus III nilai rata-rata hasil prestasi belajar pendidikan akhlak siswa mencapai 87.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Tanya jawab; Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 27 Aug 2018 05:35
Last Modified: 27 Aug 2018 05:35
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4698

Actions (login required)

View Item View Item