PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI SUMPUT

Hastutik, Devi Zuni (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI SUMPUT. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI DEVI FULL WATERMARK (baru).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dan tingkat pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Strayterhadap hasil belajar siswa kelas V pada Mata Pelajaran IPS di SDN Sumput Sidoarjo. Sebelum diberikan tindakanhasil belajar siswamasih rendah dan guru sudah menerapkan model pembelajaran kepada siswa. Tetapi penerapan model tersebut ternyata belum mampu mendapatkan hasil yang diinginkan oleh guru. Oleh karena itu dalam penelitian ini, panel it melakukan uji coba dengan menggunakan model pembelajaranKooperatiftipeTwo Stay Two Stray. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design dengan pola Nonequivalent Control Groestn. Subjek penelitian yaitusiswa kelas V SDN SumputSidoarjo yang berjumlah 60 siswa yang masing-masing 30 siswa kelas IVA dan 30 siswa kelas IVB. Dari hasil penelitian diperoleh uji t pada penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada taraf signifikan 5% atau 0,05 dengan dk = 29. Hal ini dapat diketahui dari hasil thitung ˃ ttabel yakni 2,44 > 1,980.Dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. H1 diterima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Strayterhadap hasil belajar siswa kelas V pada Mata Pelajaran IPS SDN Sumput Sidoarjo. Selain itu, uji tingkat pengaruh menunjukkan bahwa perhitungan yang diperoleh yaitu 0,09 ˃ 0,14, sehingga termasuk kedalam kriteria berpengaruhsedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray; Hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 27 Aug 2018 03:26
Last Modified: 27 Aug 2018 03:26
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4560

Actions (login required)

View Item View Item