PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SDN GELAM I

Cadiwangsa, Isna Azizia (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SDN GELAM I. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI ISNA AZIZIA CADIWANGSA (148620600100).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing terhadap hasil belajar IPS kelas III SDN Gelam 1 dan mendeskripsikan besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing terhadap hasil belajar IPS Kelas III SDN Gelam 1.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest Posttest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Gelam 1 dengan sampel 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, dimana ada pretest (tes awal) dan postest (tes akhir). Data yang diperoleh kemudian dihitung dengan menggunakan uji-t dan nilai yang didapat yaitu thitung = 16,737 > ttabel = 1,701 pada taraf signifikan 5% dan dk 28. Nilai t hitung berada diluar penerimaan Ho, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing berpengarh terhadap hasil belajar IPS materi kegiatan jual beli kelas III SDN Gelam 1 dan ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing berpengaruh besar terhadap hasil belajar IPS materi kegiatan jual beli kelas III SDN Gelam 1

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing; Hasil Belajar; IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 27 Aug 2018 03:49
Last Modified: 27 Aug 2018 03:49
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4491

Actions (login required)

View Item View Item