PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS IV-A SDN ANGGASWANGI 2 SUKODONO

Wati, Sulistyo (2018) PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS IV-A SDN ANGGASWANGI 2 SUKODONO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi lengkap - 148620600093.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran di kelas IV-A SDN Anggaswangi 2 Sukodono. Deskripsi pelaksanaan pembelajaran dalam penelitian ini meliputi deskripsi tentang kegiatan perencanaan, kegiatan pembelajaran, dan kegiatan penilaian yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV-A. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi kelengkapan komponen RPP guru, pedoman observasi pelaksanaan pembelajaran, pedoman observasi penilaian, dan pedoman wawancara guru. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru sudah merencanakan kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Kegiatan perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru adalah dengan melakukan penyusunan RPP. RPP yang disusun guru sudah mencerminkan langkah-langkah pembelajaran saintifik dan sudah memuat komponen-komponen yang harus ada pada RPP. Guru sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Kegiatan pembelajaran dimulai dari kegiatan pendahuluan, kemudian dilanjutkan kegiatan inti yang mengarahkan siswa untuk mempratekkan lima keterampilan ilmiah yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan, kemudian diakhiri dengan kegiatan penutup. Guru menggunakan penilaian autentik untuk menilai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik. Kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam pembelajaran telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur dalam Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKRIPSI
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013 ; Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 27 Aug 2018 02:04
Last Modified: 27 Aug 2018 02:04
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4488

Actions (login required)

View Item View Item