PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE(TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SDN SUMBERSUKO 1 PURWOSARI - PASURUAN

SA'DIYAH, ROIFATUS (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE(TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SDN SUMBERSUKO 1 PURWOSARI - PASURUAN. Undergraduate thesis, universitas muhammadiyah sidoarjo.

[img] Text
3. SKRIPSI Lengkap, 148620600289.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas III SDN Sumbersuko 1 Purwosari, yang berlatar belakang siswa bersikap pasif dan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS rendah. Oleh karena itu dalam penelitian ini, peneliti melakukan uji coba dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan rancangan penelitian Pre-Experimental Design (One-Group Pretest-Posttest Design) karena tidak ada variabel kontrol. Subjek penelitian ini yaitu siswa SDN Sumbersuko 1 Purwosari yang berjumlah 24 siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sampling jenuh yaitu berjumlah 24 siswa. Dari hasil penelitian, diperoleh uji t pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada taraf signifikan 5% dan dk = 23. Hal ini dapat diketahui dari hasil t-hitung > t-tabel yaitu 28,44 > 2,069 dan dapat disimpulkan bahwa H1 diterima serta Ho ditolak. H1 diterima artinya terdapat pengaruh positif model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDN Sumbersuko 1 Purwosari. Selain itu, uji tingkat pengaruh menunjukkan bahwa perhitungan yang diperoleh yaitu 0,97 > 0,14, sehingga termasuk kedalam kriteria berpengaruh besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKRIPSI
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS); Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 21 Aug 2018 05:41
Last Modified: 21 Aug 2018 05:41
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4391

Actions (login required)

View Item View Item