PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV DI SDN KENONGO 1 TULANGAN

Pangastuti, Ardhini (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV DI SDN KENONGO 1 TULANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
ARDHINI PANGASTUTI - 148620600124.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan tingkat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV di SDN Kenongo 1 Tulangan. Sebelum diberikan tindakan hasil belajar siswa masih rendah. Guru sudah menerapkan model pembelajaran kepada siswa, tetapi penerapan model tersebut ternyata belum mampu mendapatkan hasil yang diinginkan oleh guru. Oleh karena itu dalam penelitian ini, peneliti melakukan uji coba dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Quasi Experimental Design dengan pola Nonequivalent Control Group Desain. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Kenongo 1 Tulangan yang berjumlah 54 siswa yang masing-masing 27 siswa kelas IVA dan 27 siswa kelas IVB. Dari hasil penelitian diperoleh uji t pada penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching pada taraf signifikan 5% atau 0,05 dengan dk = 26. Hal ini dapat diketahui dari hasil thitung ˃ ttabel yakni 11,71 ˃ 2,056. Dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. H1 diterima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV di SDN Kenongo 1 Tulangan. Selain itu, uji tingkat pengaruh menunjukkan bahwa perhitungan yang diperoleh yaitu 0,72 ˃ 0,14, sehingga termasuk kedalam kriteria berpengaruh besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching; Kurikulum 2013; Hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 21 Aug 2018 04:17
Last Modified: 21 Aug 2018 04:17
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4375

Actions (login required)

View Item View Item