PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CORONG BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS II PADA MATERI PERKALIAN DI SDN URANGAGUNG

Nugraheni, Pramudya Dinung (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CORONG BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS II PADA MATERI PERKALIAN DI SDN URANGAGUNG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP - 148620600038.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas II SDN Urangagung terhadap mata pelajaran Matematika pada materi perkalian. Adapun salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran dan hanya menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melakukan penelitian terhadap Pengaruh Penggunaan Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas II Pada Materi Perkalian di SDN Urangagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design dengan menggunakan design one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II di SDN Urangagung dengan menggunakan teknik sampling jenuh yang memakai seluruh siswa dijadikan sebagai objek dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal pretest dan posttest berjumlah 10 butir soal. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, didapatkan nilai thitung 7,487. Hasil yang didapat dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = 21 didapatkan nilai ttabel = 2,080. Sehingga hasil perbandingan, didapatkan nilai thitung = 7,487 > ttabel = 2,080, maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh penggunaan media corong berhitung terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas II pada materi perkalian di SDN urangagung. Selain itu dengan hasil perhitungan data yang telah dilakukan dengan menggunakan rumus eta squared menunjukkan perolehan hasilnya yaitu 0,73 > 0,14, maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan media corong berhitung berpengaruh sangat besar terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas II pada materi perkalian di SDN urangagung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Matematika; Media Corong Berhitung; Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 21 Aug 2018 01:22
Last Modified: 21 Aug 2018 01:22
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4314

Actions (login required)

View Item View Item