PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD DI SDN KARANGREJO 1

Astriani, Puri (2018) PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD DI SDN KARANGREJO 1. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
1. SKRIPSI LENGKAP - 148620600029.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Di SDN Karangrejo 1 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V terhadap permasalahan, yaitu rendahnya keterampilan berbicara. Permasalahan tersebut dilihat berdasarkan pada hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-experimental designs dengan bentuk One-group pretest-posttest design. Populasi yang dijadikan objek penelitian ini adalah 30 siswa kelas V SDN Karangrejo 1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes yaitu Pretest dan Posttest. Nilai rata-rata pretest siswa sebesar 44,16 sedangkan pada posttest siswa naik menjadi 83. Artinya terdapat peningkatan nilai yang didapat oleh siswa sebelum dan sesudah diberlakukan treatment yaitu metode sosiodrama sebesar 38,84. Dalam penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dengan hasil dari thitung adalah sebesar 5,28 dengan ttabel dimana db nya 29 dan taraf signifikan 5% adalah 1,699. Sehingga dapat diketahui thitung > ttabel yaitu 5,28 > 1,699. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil dari analisis data dengan uji t menunjukkan ada pengaruh antara metode sosiodrama terhadap keterampilan berbicara. Kemudian untuk menjawab rumusan masalah yang kedua dihitung menggunakan rumus N-Gain maka akan mengetahui kriteria N-gain metode sosiodrama. Hasilnya sebesar 3,33% atau sebesar 1 siswa masuk dalam kriteria rendah, sebesar 43,33% atau sebesar 13 siswa masuk dalam kriteria sedang, sebesar 53,33% atau sebesar 16 siswa masuk dalam kriteria tinggi. Jika rata-rata dari nilai pretest siswa sebesar 44,16 dan posttest siswa 83 dihitung menggunakan rumus N-gain maka metode sosiodrama terhadap keterampilan berbicara berpengaruh sebesar 0,69 dapat diartikan pengaruh metode sosiodrama efektif pada kriteria sedang dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Karangrejo 1.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Sosiodrama; Keterampilan Berbicara; Bahasa Indonesia.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 15 Aug 2018 07:04
Last Modified: 15 Aug 2018 07:04
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4261

Actions (login required)

View Item View Item