Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA Kelas 4 MI Nurur Rohmah Tentang Energi Panas

Yuyun, Indah Wati (2018) Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA Kelas 4 MI Nurur Rohmah Tentang Energi Panas. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Artikel Yuyun Indah Wati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (522kB)

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah (1) Untuk meningkatkan pemahaman tentang konsep”Energi Panas” dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IV MI Nurur Rohmah. (2) Untuk mendeskripsiksn hambatan-hambatan pembelajaran PBL dalam meningkatkan hasil belajar tentang konsep ”Energi panas” dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD. Maksud pembelajaran IPA dalam penelitian ini yaitu IPA dipandang dari segi produk dan pemupukan sikap. IPA sebagai produk artinya dalam pembelajaran menggunakan model PBL ini, siswa dapat memahami materi pelajaran IPA serta mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah yang relevan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan model PBL dalam penelitian ini yaitu pendekatan yang menggunakan masalah yang sering dijumpai sebagai suatu konteks bagi siswa untuk terlibat langsung dalam pemecahan masalah untuk memperoleh pengetahuan yang esensial dari mata pelajaran IPA. Kata Kunci : Pembelajaran IPA, Problem Based Learning, Energi Panas

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: pgmi umsida
Date Deposited: 02 Aug 2018 01:32
Last Modified: 02 Aug 2018 01:32
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4074

Actions (login required)

View Item View Item