Mochamad, Sahal Hadi (2018) Kontribusi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Peranan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Pemahaman Peserta Didik pada Konsep Magnet di Mi Nurur Rohmah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
artikel ipa sahal ok.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (271kB) |
Abstract
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep magnet peserta didik ditinjau dari proses pembelajaran dan kemampuan awal siswa. Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran ekspositori, sedangkan kemampuan awal peserta didik dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori tinggi dan rendah. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 MI Nurur Rohmah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 25. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep magnet berbentuk uraian sebanyak 5 butir soal dan tes kemampuan awal peserta didik berbentuk pilihan ganda sebanyak 10 butir soal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANAVA Dua Jalur faktorial 2X2. Berdasarkan hasil yang didapat pada taraf signifikansi 5% didapatkan hasil bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep magnet antara peserta didik yang mendapatkan pembelajaran inkuiri dan pembelajaran ekspositori dan (2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep magnet antara peserta didik yang mempunyai kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah. Kata Kunci: Pembelajaran Inkuiri, Pembelajaran Eksposiotri, Kemampuan Awal, Pemahaman Konsep Magnet.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education |
Depositing User: | pgmi umsida |
Date Deposited: | 02 Aug 2018 01:32 |
Last Modified: | 02 Aug 2018 01:32 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4073 |
Actions (login required)
View Item |