Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ipa tentang Energi Bunyi

Nur, Khasanah (2018) Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ipa tentang Energi Bunyi. Universitas MUhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Artikel Nur Khasana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (270kB)

Abstract

Ringkasan Penelitiam ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajran ipa kelas IV SDN Muhammadiyah 3 penatarsewu tanggulangin sidoarjo. Dengan pendekatan saintifik ini hasil belajar siswa sangat meningkat.dari hasil penelitian tersebut merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan siklus pembelajaran yang terdiri dari (1) perencanaan (2)pelaksanaan(3)observasi(4)dan,refleksi. Pembelajaran ini meliputi beberapa pembelajaran berupa silabus , Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa(LKS) dan lembar evaluasi. dengan pembelajaran tersebut siswa di ajarkan sesuai dengan apa yang di ajarkan dalam siklus tersebut. Dan kurikulum tersebut menggunakan penelitian kurikulum tingkat pendidikan KTSP dengan materi pokok pelajaran ipa tentang energi bunyi. adapun dari data analisis dalam aktivitas pembelajaran siswa meliputi (1) kreativitas siswa (2) respon siswa terhadap pembelajaran siswa (3) keterlaksanaannya guru dalam pembelajaran dan aktivitas siswa dalam pembelajarannya.(4) dan, hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data pembelajaran meliputi dari tiga siklus yaitu (1) kreativitas siswa menunjukkan 100% siswa kreatif. (2)respon siswad dalam mengikuti pembelajaran mencapai tingkat “positif” atau dengan kategori (senang, baru,menarik dan ya) (3) keterlaksanaannya guru dalam pembelajaran mencapai tingkat persentasi ketercapaian. (4) hasil belajar siswa rata-rata 85, psikomotor dengan rata-rata 78 dengan kategori tuntas, dan ketuntasan individu mencapai rata-rata 95% dengan kategori tuntas. Jadi, pembahasan dari hasil belajar dan kreativitas analisis ini dapat disimpulkan dengan hasil pendidikan meningkat terhadap pendekatan saintifik. Kata kunci: penerapan pendekatan saintifik, kreativitas belajar,energi bunyi

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: pgmi umsida
Date Deposited: 02 Aug 2018 01:37
Last Modified: 02 Aug 2018 01:37
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4065

Actions (login required)

View Item View Item