Essa, Mulia Rifanti (2018) Model Pembelajaran Inovatif Cooperative Learning (Cl) Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Al-Abror Tentang Listrik Sederhana. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
ARTIKEL ESSA M RIFANTI PGMI MADIN NIM 43.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (523kB) |
Abstract
Tujuan penulisan artikel ini agar pembaca dapat mengetahui tentang model pembelajaran Cooperative Learning (CL) tentang Listrik Sederhana terutama pada siswa kelas 6 SD di MI Al-Abror. Model pembelajaran kooperatif merupakan salah 1 model pembelajaran yang mendukung pembelajaran kontekstual, yang sesuai dalam pembelajaran materi IPA tentang listrik sederhana. Pebelajaran kooperatif adalah suatu strategi belajar mengajar yang menenkankan pada sikap atau perilaku bersama dalam bekerja atau membantu diantara sesama dalam struktur kerjasama yang teratur dalam kelompok, yang terdiri dari dua orang atau lebih. Kenyataannya selama ini bagi peserta didik adanya kesan bahwa praktek pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam itu tidak menarik atau menyenangkan. Bahkan ada beberapa peserta didik yang menganggap bosan dan mengesampingkan pembelajaran IPA. Untuk itu dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning (CL) agar pembelajaran lebih menarik dan dapat menyadarkan peserta didik bahwa pelaran IPA tidak lah membosankan. Kata kunci : Model pembelajaran inovatif, cooperative learning, listrik sederhana.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education |
Depositing User: | pgmi umsida |
Date Deposited: | 02 Aug 2018 03:10 |
Last Modified: | 02 Aug 2018 03:10 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4060 |
Actions (login required)
View Item |