Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Keterampilan Numerik Siswa Kelas V di MI Islamiyyah Tanggulangin

Fitria, Faridatul (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Keterampilan Numerik Siswa Kelas V di MI Islamiyyah Tanggulangin. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
jurnal p.nur (Faridatul Fitria).pdf

Download (347kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran inquiry terbimbing dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional ditinjau dari keterampilan numerik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan the non-equivalent postest only control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V MI tahun pelajaran 2013/ 2014 dengan jumlah sampel sebanyak 134 orang yang terbagai dalam 2 kelas eksperimen dan 2 kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika dan tes keterampilan numerik. Setelah dianalisis menggunakan analisis varians dua jalur (Anova AB) ditemukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inquiry terbimbing berdasarkan keterampilan numerik serta interaksi antara model pembelajaran dengan keterampilan numerik. Hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran inquiry terbimbing lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan nilai F A =82,310 dengan p < 0,05 pada siswa kelas V MI.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: pgmi umsida
Date Deposited: 26 Jul 2018 07:11
Last Modified: 26 Jul 2018 07:11
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4054

Actions (login required)

View Item View Item