Rizeki Afiah, Ardhia and Ahnaf Fi Faruq, Iqbal (2018) INSTRUMEN PENILAIAN BERBAGAI KOMPETENSI atau INDIKATOR DALAM PENCAPIAN HASIL BELAJAR SD/MI. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Ardhea dan Iqbal.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (279kB) |
Abstract
Dalam Pendidikan penilahan adalah bagian yang sangat penting karna itu menjadi bahan evaluasi selama proses pebelajaran. Dalam penilaian memiliki tiga pencapain yang harus dinilai oleh seorang guru yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotor. Penilaian kognitif yaitu penilaian yang mengukur kemampuan atau pengetahuan yang dimiliki oleh peserta didik. Afektif yaitu penilaian yang mengukur dari sikap siswa, dan penilaian psikomotor yaitu penilaian yang mengukur keterampilan yang dimiliki oleh siswa. Ketiga hal tersebut harus menjadi focus penilaian bagi seorang guru. Penelitihan ini bertujuan untuk mengetahui: a) mengetahui instrument penilaian di SD/MI, b) macam-macam instrument penilaian. Jenis penelitihan yang di gunakan adalah kualitatif, instrument penilaian ini menggunakan observasi dan wawancara. Dari hasil kajian ini peneliti menemukan bahwa instrument penelitihan memiliki tiga kompetensi yang harus di gunakan dalam saat menilai peserta didik. Guru tidak boleh menggunakan salah satu kompetensi tersebut dan meninggalkan yang lainnya tetapi ketiga-tiganya harus menjadi perhatian guru dalam menilai hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education |
Depositing User: | pgmi umsida |
Date Deposited: | 26 Jul 2018 07:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2018 07:13 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4052 |
Actions (login required)
View Item |