Meningkatkan Minat Belajar Anak Inklusi Melalui Model Pull Out di MI Nurul Huda Kalanganyar Sedati

Fitrianah, Nur (2018) Meningkatkan Minat Belajar Anak Inklusi Melalui Model Pull Out di MI Nurul Huda Kalanganyar Sedati. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Nur Fitrianah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (218kB)

Abstract

MI Nurul Huda sebagai sekolah penyelenggara pendidikan inklusi dalam pengelolaan kelas yang belum mengakomodasi siswa inklusi secara maksimal dan kondusif. Ada beberapa faktor penyebeb minat belajar siswa yang masih sangat minim ataupun rendah. Siswa inklusi belum mendapatkan proses pembelajaran yang sesuai dengan kemampuannya. Proses pembelajaran mengintegrasikan siswa reguler dengan siswa inklusi. Penerapan model pull out menjadi solusi sebagai penunjang bagi siswa inklusi untuk memahamka pengetahuan, ketrampilan, dan psikomotoriknya. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 4 tahapan diantaranya : 1.Perencanaan, 2.Tindakan, 3.Pengamatan dan 4.Refleksi. Subyek penelitian ini adalah 15 guru kelas dan 8 siswa inklusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pull out dapat meningkatkan minat belajar siswa melalui hasil lapangan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: pgmi umsida
Date Deposited: 26 Jul 2018 07:18
Last Modified: 26 Jul 2018 07:18
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4044

Actions (login required)

View Item View Item