Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Walisongo Gempol

Aristia, Risa (2018) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Walisongo Gempol. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Risa Aristia JURNAL FIX.pdf - Published Version

Download (311kB)

Abstract

Dalam tulisan ini mengungkapkan implementasi model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran penyelesaian suatu masalah yang berkaitan dengan kehidupan nyata siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di MI Walisongo Gempol dengan subjek penelitian guru IPA. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, peneliti menemukan adanya peningkatan hasil belajar dengan penerapan model Problem Based Learning. Karena model ini siswa belajar dengan pengetahuannya sendiri untuk menyelesaikan persoalan sehingga siswa mempunyai tantangan tersendiri dalam proses pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: pgmi umsida
Date Deposited: 26 Jul 2018 07:24
Last Modified: 26 Jul 2018 07:24
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4037

Actions (login required)

View Item View Item