Penerapan Model Pembelajaran PAKEM untukMeningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAMateri Benda-benda Langit Di SD Muhammadiyah 11 Randegan

Putri, Novi Suparto (2018) Penerapan Model Pembelajaran PAKEM untukMeningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAMateri Benda-benda Langit Di SD Muhammadiyah 11 Randegan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
NOVI SUPARTO NOVI.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (43kB)

Abstract

Model PAKEM merupakan salah satu model pembelajaran yang inovatif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang partisipatif, aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Dalam penerapan model pembelajaran PAKEM ini paling sedikit melibatkan empat prinsip utama dalam proses pembelajarannya, yaitu proses interaksi (siswa melakukan diskusi atau tanya jawab), komunikasi (siswa menyampaikan apa yang diketahui), refleksi (siswa mengoreksi dari apa yang telah dilakukan atau dipikirkan), dan eksplorasi (siswa melakukan pengamatan, percobaan, dan wawancara). Namun saat ini, berdasarkan hasil temuan di SD Muhammadiyah 11 Randegan yang sudah menerapkan model pembelajaran PAKEM masih ada beberapa siswa yang sulit mencerna pelajaran dan motivasi belajar yang masih rendah. Hal ini mendorong penulis untuk menganalisis penerapan model pembelajaran PAKEM di SD Muhammadiyah 11 Randegan. Kurangnya media pembelajaran merupakan suatu hal yang dapat menghambat tercapainya pembelajaran PAKEM. Dengan menerapkan model pembelajaran PAKEM pada mata pelajaran IPA materi benda-benda langit dapat meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: pgmi umsida
Date Deposited: 21 Feb 2019 07:04
Last Modified: 21 Feb 2019 07:04
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3957

Actions (login required)

View Item View Item