Hananiya Pratiwi Khoirun Nisa', Nur (2018) Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL( Contextual Teaching and Learning) pada Materi IPA Energi Bunyi SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Nur Hananiyah REVISI (1).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (318kB) |
Abstract
Usaha perbaikan mutu pendidikan di Indonesia tidak henti-hentinya dikembangkan oleh praktisi pendidikan. Dengan system, metode dan model pembelajaran pun perlu dikembangakan guna tercapainya pendidikan yang layak.Untuk itu pembelajaran didalam kelas diharapkan mampu memotivasi peserta didik untuk mengaplikasi pengetahuan belajarnya ke dunia nyata, dengan ini pendidik menggunakan model pembelajaran berbasis CTL(Contextual Teaching and Learning). Model pembelajaran CTL(contextual teaching and learning) adalah sebuah ide yang digunakan oleh pendidik yang mengkaitkan antara materi dengan apa yang ada didunia nyata dan mendorong pendidik menghubungkan antara materi yang diajarkannya dengan penerapan dalam kehidupan nyata peserta didik. Adapun tujuan penulisan ini yaitu untuk menganalisis peningkatan motivasi belajar peserta didik serta untuk menganalisis seberapa besar peningkatan motivasi belajar peserta didik terhadap pengembangan pembelajaran berbasis CTL(Constexstual Teaching and Learning).Bedasarkan data hasil yang diperoleh dari observasi di kelas IV B SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo didapatkan hasil bahwa dengan adanya pengembangan model pembelajaran berbasis CTL(Contextual Teaching and Learning) menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Energi Bunyi. Bedasarkan hasil itu diperoleh persentase sebanyak 25% peserta didik yang termotivasi belajarnya terhadap pengembangan pembelajaran berbasis CTL(Contextual Teaching and Learning).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education |
Depositing User: | pgmi umsida |
Date Deposited: | 02 Aug 2018 02:01 |
Last Modified: | 02 Aug 2018 02:01 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3654 |
Actions (login required)
View Item |