Hayati, Rita (2018) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DENGAN METODE CRI PADA MATERI FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI TUMBUHAN BERDASARKAN KEMAMPUAN KOGNITIF KELAS IX MTsN KRIAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Skripsi lengkap - 148420100030.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis miskonsepsi siswa dengan kemampuan kognitif tinggi, sedang dan rendah pada materi respirasi dan fotosintesispada tumbuhan pada siswa kelas IX MTsN Krian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu (1) tahap pra lapangan, (2) tahap lapangan (3) tahap pasca lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes diagnostik berbentuk pilihan ganda beralasan metode Certainty of Response Index (CRI), observasi dan wawancara. Data kemudian dianalisis dengan model Saleem Hasan untuk menentukan nilai CRI dan menentukan kategori tigkat pemahaman model Aliefman. Hasil analisis menunjukkan miskonsepsi siswa kemampuan kognitif tinggi mengalami miskonsepsi 40%, siswa kemampuan kognitif sedang mengalami miskonsepsi 50% dan siswa kemampuan kognitif rendah mengalami miskonsepsi 30% nilai miskonsepsi lebih kecil dari pada kesalahan konsepnya yang mencapai 45%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | miskonsepsi; CRI; respirasi; dan fotosintesis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Science Teaching Education |
Depositing User: | pipa umsida |
Date Deposited: | 03 Apr 2018 01:09 |
Last Modified: | 03 Apr 2018 01:09 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2451 |
Actions (login required)
View Item |