Wulandari, Ria (2016) Menumbuhkan Kreativitas Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains 2016. pp. 849-857. ISSN 978-602-72071-1-0
Text
Artikel Menumbuhkan Kreatifitas Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek.pdf Download (3MB) |
Abstract
Berpikir kreatif merupakan bagian dari berpikir tingkat tinggi. Di era globalisasi saat ini, berpikir kreatif sangat diperlukan oleh semua orang sehingga dapat menghasilkan produk yang bermanfaat bagi manusia. Produk dari berpikir kreatif adalah kreativitas. Kreativitas harus senantiasa dikembangkan karena berperan penting dalam kehidupan seseorang. Manfaat kreativitas adalah mampu beradaptasi dengan berbagai tuntutan jaman. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memberikan referensi cara menumbuhkan dan mengembangkan kreativitas peserta didik melalui kegiatan pembelajaran berbasis konstruktivisme. Pembelajaran berbasis proyek dapat diterapkan untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik. Hal ini disebabkan dalam proses pembelajarannya, pendidik melibatkan kerja proyek yang memuat tugas-tugas kompleks berdasarkan permasalahan yang menantang sehingga menuntut peserta didik untuk merancang, memecahkan masalah, membuat keputusan, melakukan tugas investigasi, serta memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja secara mandiri ataupun kelompok. Kata Kunci: Berpikir kreatif, Kreativitas, dan Model Pembelajaran Berbasis Proyek
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Science Teaching Education |
Depositing User: | Ria Wulandari |
Date Deposited: | 30 Apr 2018 02:45 |
Last Modified: | 30 Apr 2018 02:45 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2450 |
Actions (login required)
View Item |