PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN URANGAGUNG SIDOARJO

Haris, Ilham, Moch (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN URANGAGUNG SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP 118620600147.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

“Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV UPT SDN Urangagung Sidoarjo”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rata-rata hasil belajar siswa dibawah KKM padamatapelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelasIV SDN Urangagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap hasil belajar siswa kelasIV SDN Urangagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Urangagung tahun jaran 2015/2016 yang terdiri dari 32 siswa. Sampel diambil dengan teknik nonprobability Sampling dengan jenis sampling jenuh karena seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes berbentuk pilihan ganda yang mengacu pada indicator hasil belajar siswa. Data di analisis menggunakan statistic deskriptif dan statistic inferensial dengan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar IPA siswa kelasIV SDN Urangagung. Hal tersebut dibuktikan dengan uji-t, dimana diperoleh thitung = 10,65 > ttabel = 1,706. Oleh karena itu, Ha diterima dan Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap siswa kelas IV SDN Urangagung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Berbasis Masalah; hasil belajar; dan Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 29 Mar 2018 06:30
Last Modified: 29 Mar 2018 06:30
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2194

Actions (login required)

View Item View Item