Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Bahan Ajar (APE) untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Pengelompokan Hewan Berdasarkan Makanan

Urwatun, Nazihah (2018) Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Bahan Ajar (APE) untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Pengelompokan Hewan Berdasarkan Makanan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
jurnal urwatun.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (445kB) | Preview

Abstract

Para pendidik saat ini terkesan kurang mempersiapkan secara otomatis dan inovatif, mereka pada umumnya hanya menyediakan bahan ajar yang monoton, sehingga pada akhirnya peserta didik bosan selama kegiatan pembelajaran. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan baik informasi, teks, maupun alat yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi setiap mata pelajaran. Membuat bahan ajar yang inovatif adalah hal yang mudah, menyenangkan, tidak membutuhkan waktu yang lama, bahkan bisa menghasilkan banyak uang. Salah satu manfaat dengan memanfaatkan barang bekas yaitu mengurangi masalah lingkungan di sekitar dan dapat memunculkan kreativitas peserta didik. Penelitian yang dilakukan ini adalah konseptual, Library Researd atau yang sering disebut dengan studi kepustakaan yang diharapkan menjadi titik awal penelaahan dalam bahan barang sebagai bahan ajar pada pembelajaran apapun sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Pemanfaatan barang bekas sebagai bahan ajar menekankan pada peran aktif siswa dalam pembelajaran sehingga pembelajaran tidak hanya berfokus kepada guru tetapi juga kepada siswa sehingga dapat meningkatkan, memunculkan, serta merangsang kreativitas siswa. Kata Kunci : Bahan Ajar, Barang Bekas, Kreativitas

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: pgmi umsida
Date Deposited: 30 Jan 2018 02:34
Last Modified: 30 Jan 2018 02:34
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1433

Actions (login required)

View Item View Item