Urwatun, Nazihah (2018) Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Bahan Ajar (APE) untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Pengelompokan Hewan Berdasarkan Makanan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
|
Text
jurnal urwatun.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (445kB) | Preview |
Abstract
Para pendidik saat ini terkesan kurang mempersiapkan secara otomatis dan inovatif, mereka pada umumnya hanya menyediakan bahan ajar yang monoton, sehingga pada akhirnya peserta didik bosan selama kegiatan pembelajaran. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan baik informasi, teks, maupun alat yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi setiap mata pelajaran. Membuat bahan ajar yang inovatif adalah hal yang mudah, menyenangkan, tidak membutuhkan waktu yang lama, bahkan bisa menghasilkan banyak uang. Salah satu manfaat dengan memanfaatkan barang bekas yaitu mengurangi masalah lingkungan di sekitar dan dapat memunculkan kreativitas peserta didik. Penelitian yang dilakukan ini adalah konseptual, Library Researd atau yang sering disebut dengan studi kepustakaan yang diharapkan menjadi titik awal penelaahan dalam bahan barang sebagai bahan ajar pada pembelajaran apapun sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Pemanfaatan barang bekas sebagai bahan ajar menekankan pada peran aktif siswa dalam pembelajaran sehingga pembelajaran tidak hanya berfokus kepada guru tetapi juga kepada siswa sehingga dapat meningkatkan, memunculkan, serta merangsang kreativitas siswa. Kata Kunci : Bahan Ajar, Barang Bekas, Kreativitas
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education |
Depositing User: | pgmi umsida |
Date Deposited: | 30 Jan 2018 02:34 |
Last Modified: | 30 Jan 2018 02:34 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1433 |
Actions (login required)
View Item |