Pengembangan Hubungan Interpersonal Remaja Di Sidoarjo Melalui Media Sosial

Yosa Putra, Daruliansyah (2018) Pengembangan Hubungan Interpersonal Remaja Di Sidoarjo Melalui Media Sosial. Ilmu Komunikasi B1 (3). pp. 1-2.

[img]
Preview
Text
Yosa Putra Daruliansyah_162022000111_ILKOM B1 (3)_Review Jurnal Ilmiah (eprints UMSIDA).pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview

Abstract

Computer Mediated Comunication (CMC) merupakan transaksi komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih melalui jaringan komputer. Masyarakat informasi diidentikan dengan jumlah media yang dikonsumsi. Dibuktikan dengan beredarnya arus informasi yang begitu pesat disekitar mereka. Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia akan teknologi semakin berkembang. Salah satu teknologi komunikasi dan informasi yang berkembang paling pesat adalah internet. Seperti yang kita ketahui, sekarang internet sudah menjadi kebutuhan utama manusia dalam kehidupan sehari-hari. Berkat teknologi baru seperti internet segala kebutuhan manusia dapat dipenuhi. Mulai dari kebutuhan untuk bersosialisasi, Mengakses informasi sampai kepada pemenuhan kebutuhan hiburan. Kini, kehadirannya lebih dimanfaatkan sebagai media sosial oleh masyarakat (Baidu, 2014: 15). Karena dengan media sosial kehidupan dunia nyata dapat ditransformasi ke dalam dunia maya. Responden penelitian ini adalah seratus siswa SLTA di Kabupaten Sidoarjo. Responden berjenis kelamin laki-laki berjumlah 44 siswa dan perempuan berjumlah 56 siswa. Adapun dari segi umur, responden berumur 15 tahun berjumlah 8 siswa, 16 tahun berjumlah 37 siswa, 17 tahun 46 siswa, dan 18 tahun 9 siswa. Motivasi utama responden menggunakan media sosial tersebut diantaranya adalah untuk mendapatkan informasi mengenai mengenai individu lain (pertemanan) sebesar 78% dan memperkuat hubungan di antara sesama pengguna situs jejaring sosial (76%). Berikutnya adalah melepaskan ketegangan sebesar 70%, memenuhi kebutuhan emosional (68%), dan terakhir meningkatkan rasa percaya diri sebesar 62%. Faktor lain yang memotivasi remaja untuk mengakses media sosial adalah pengembangan hubungan interpersonal. Pengembangan hubungan melalui media sosial menurut mereka adalah 1) relatif lebih mudah dalam pencarian informasi (82%), 2) tidak terbatas oleh ruang dan waktu (81%), 3) penggunaannya yang mudah (75%), 4) tidak adanya batasan status sosial (70%), dan terakhir adalah biaya yang relatif murah (67%). Dari hasil survei dari Responden remaja SMA (SLTA) di Kabupaten Sidoarjo, motivasi utama mereka untuk menggunakan media sosial tersebut diantaranya adalah untuk mendapatkan informasi mengenai mengenai individu lain (pertemanan) dan memperkuat hubungan di antara sesama pengguna situs jejaring sosial. Berikutnya adalah melepaskan ketegangan, memenuhi kebutuhan emosional , dan meningkatkan rasa percaya diri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Hubungan Interpersonal Remaja Di Sidoarjo Melalui Media Sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Social and Political Science > School of Communication Science
Depositing User: ikom umsida
Date Deposited: 04 Feb 2018 17:59
Last Modified: 04 Feb 2018 17:59
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1360

Actions (login required)

View Item View Item