Teori Komunikasi dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing

Rahmatillah, Nanda Ihda (2019) Teori Komunikasi dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
artikel nanda fixx.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (48kB)

Abstract

Komunikasi adalah salah satusarana yang menjalin hubungan antar seseorang dengan orang lain. Dengan berkomunikasi maka terjadilah hubungan sosial. Karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan, sehingga terjadilah interaksi yang timbalk balik. Begitupun dalam pembelajaran pasti adanya komunikasi antar pendidik dan peserta didik yang bertujuan agar proses pembelajaran dalam kelas bisa berjalan dengan lancar. Dalam penerapannya, komunikasi antar pendidik dan peserta didik merupakan sarana modalitas belajar atau biasa yang disebut dengan gaya pembelajaran audiolitas. Hal ini bertujuan agar tercapainya suatu pembelajaran dengan proses pentransferan ilmu dari pendidik ke peserta didik melalui komunikasi yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan subyek siswa kelas IV A MI Maarif Pamotan Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo yang berjumlah 30 siswa. Obyeknya adalah proses komunikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui metode role playing.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: pgmi umsida
Date Deposited: 18 Jul 2019 07:07
Last Modified: 18 Jul 2019 07:07
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6409

Actions (login required)

View Item View Item