Eriyanti, Erni (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III SDN DUKUH TENGAH. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
SKRIPSI LENGKAP 148620600201.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan siswa Sekolah Dasar untuk mempelajari PKN.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar PKN siswa kelas III di SDN Dukuh Tengah Materi Kekhasan Bangsa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis Pre Experimental Design tipeOne Group Pre-test Post-test Design. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dan perhitungan eta squared. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar PKN siswa kelas III di SDN Dukuh Tengah materi kekhasan bangsa Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa thitung (2,02)> ttabel (25,2). maka Ha diterima Ho ditolak. dan besarnya pengaruh dalam penelitian ini dapat dilihat dari hasil perhitungan Eta Squared yang menunjukkan hasil 0,94. Apabila merujuk pada kriteria interpretasi perhitungan eta squared penelitian ini dapat dikatakan berpengaruh besar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning; hasil belajar PKN |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 08:21 |
Last Modified: | 27 Aug 2018 08:21 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4775 |
Actions (login required)
View Item |