Rosidah, Amilatul (2018) Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Demonstrasi dan Tanya Jawab Materi Rangkaian Listrik Sederhana di SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Amilatul Rosidah (172071200006).docx - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (46kB) |
Abstract
Penggunaan metode demonstrasi untuk materi rangkaian listrik sederhana sangat tepat. Karena terdapat pada teori Piaget bahwasannya anak usia 7-11 tahun atau setara dengan tingkat SD perkembangannya termasuk pada kategori operasional konkrit. Dimana peserta didik akan lebih mudah memahami sesuatu dengan kita memberi contoh yang konkrit untuk membantu dalam mengembangkan intelektualnya. Sedangkan penggunaan metode tanya jawab pada materi rangkaian listrik sederhana digunakan sebagai pelengkap yang bertujuan supaya guru mengetahui seberapa paham peserta didik dengan materi yang telah diajarkan. Penggunaan metode ini juga bermaksud agar bisa memotivasi peserta didik supaya mereka selalu aktif bertanya mengenai sesuatu yang belum difahami selama proses belajar mengajar berlangsung. Dan juga bisa sebaliknya guru yang mengajukan pertanyaan lalu peserta didik yang akan menjawab. Dalam penulisan artikel ini menyatakan bahwa peningkatan hasil belajar materi rangkaian listrik sederhana di SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo dapat tercapai dengan memadukan antara metode demonstrasi dan metode tanya jawab pada pembelajarannya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Hasil Belajar; Metode Demonstrasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education |
Depositing User: | pgmi umsida |
Date Deposited: | 25 Jul 2018 01:02 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 01:02 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3864 |
Actions (login required)
View Item |