Fajri, Rifdah Ayu and Wulandari, Fitria (2022) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA MASA COVID-19 DI SDN KALANGANYAR. PRIMARY: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 11 (3). ISSN 2598-5949
Text
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA MASA COVID-19 DI SDN KALANGANYAR.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran IPA di sekolah dasar pada hakekatnya pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk melihat fakta, konsep, dan teori berkenaan dengan semesta alam. Adanya pandemi Covid19 menyebabkan penerapan proses pembelajaran IPA dan harus dilakukan secara daring. Kesulitan belajar siswa ini yang merupakan permasalahan penting untuk memahami konsep pembelajaran IPA. Guru diharapakan mampu mengetahui dan mengidentifikasi pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian dalam artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep dan faktor-faktor dalam pembelajaran IPA pada materi suhu dan kalor. Penelitian dilakukan di SDN Kalanganyar Sedati. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, analisis pemahaman konsep IPA menunjukkan bahwa 37,5% siswa kurang paham konsep, 50% siswa yang paham konsep, dan 12,5% siswa yang sangat paham konsep dalam pembelajaran IPA. Kesimpulannya, banyak siswa yang masih kurang paham konsep IPA dikarenakan proses pembelajaran yang dilakukan secara daring. Sehingga siswa tidak banyak memahami materi yang disampaikan oleh guru. Kata Kunci: Pemahaman Konseptual, Pembelajaran IPA, Pandemi Covid-19
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pai umsida |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 10:11 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 07:31 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/9926 |
Actions (login required)
View Item |