Peningkatan Kompetensi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Sains di Taman Kanak-kanak

Aulina, Choirun Nisak and Salim, Agus and Wulandari, Fitria (2022) Peningkatan Kompetensi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Sains di Taman Kanak-kanak. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6 (1). ISSN 2548-219X

[img] Text
Peningkatan Kompetensi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Sains di Taman Kanak-kanak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sains sangatlah dekat dengan kehidupan anak usia dini. Bagi anak-anak belajar sains adalah segala sesuatu yang menakjubkan, sesuatu yang ditemukan dan dianggap menarik serta memberi pengetahuan atau merangsangnya. Pengenalan sains untuk peserta didik TK/PAUD lebih ditekankan daripada produk (fakta,. konsep, teori, prinsip, dan hukum). Kegiatan ini dilaksanakan di TK Aisyiyah 1 Kalidawir Tanggulangin Sidoarjo. Kegiatan simulasi sains sederhana belum diterapkan di TK Aisyiyah 7 Kalidawir di minimnya kompetensi guru tentang konsep pembelajaran sains pada anak usia dini serta belum adanya buku pedoman pembelajaran sains untuk anak usia dini. Selain itu juga karena keterbatasan alat, bahan, dan media yang ada di TK Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru tentang implementasi pembelajaran sains pada anak usia dini dengan melakukan pelatihan dan pendampingan, penyusunan buku/modul pembelajaran sains untuk anak usia dini sebagai acuan guru dalam implementasi simulasi sains pada anak usia dini serta pemenuhan media, bahan dan alat penunjang agar dapat menerapkan simulasi sains sederhana bagi anak TK. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini 1) peningkatan kemampuan guru dari nilai rata-rata pre-test 56 meningkat pada post test menjadi 85. 2) Tersusunnya modul pembelajaran sains anak usia dini, 3) Tersedianya media, bahan dan alat penunjang iimplementasi pembelajaran. kata kunci: Pembelajaran, Sains, Anak Usia Dini

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 26 Jul 2022 10:10
Last Modified: 27 Jul 2022 04:19
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/9924

Actions (login required)

View Item View Item