PERILAKU PRODUKSI DI TENGAH KRISIS GLOBAL AKIBAT PANDEMI COVID-19 DAN MEMANFAATKAN MEDIA ONLINE FACEBOOK SEBAGAI ALTERNATIF PASAR

Muhammad Aminul K. S., M.A.K.S. PERILAKU PRODUKSI DI TENGAH KRISIS GLOBAL AKIBAT PANDEMI COVID-19 DAN MEMANFAATKAN MEDIA ONLINE FACEBOOK SEBAGAI ALTERNATIF PASAR. EMISI (Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi). ISSN ISSN: 1979-9888 (Submitted)

[img] Text
Aminul_191020700026_BAB1-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Covid-19 merupakan sejenis virus dari famili Coronaviridae yang menyebabkan penyakit menular dan mematikan yang menyerang mamalia seperti manusia pada saluran pernapasan hingga ke paru-paru. Pada umumnya pengidap Covid-19 akan mengalami gejala awal berupa demam, sakit tenggorokan, pilek dan juga batuk-batuk bahkan sampai parah dapat menyebabkan pneumonia. Virus ini dapat menular melalui kontak langsung dalam jarak dekat dengan pengidap Covid-19 melalui cairan pernafasan yang keluar dari tubuh penderita saat batuk atau mengeluarkan ludah dan riyak. Itu sebabnya Pemerintah Indonesia saat ini sedang menggiatkan kegiatan social distancing. Dimana warga diminta untuk selalu menjaga jarak 1-2 meter saat berinteraksi dengan masyarakat sekitar untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. Akibatnya sekolah-sekolah, universitas, instansi yang masih di bawah naungan pemerintah diliburkan kegiatan operasionalnya selama kuranglebih dua minggu dan diganti dengan kegiatan di rumah atau istilah barunya adalah work from home. Secara tidak langsung ini akan berakibat pada melemahnya perekonomian. Pasar-pasar akan sepi, pedagang-pedagang kecil juga ikut sepi karena masyarakat banyak yang melakukan kegiatan di rumah. Perusahaan dan juga UMKM akan mengalami kerugian yang tak bisa dihindarkan akibat adanya pandemi coronavirus karena produk yang dipasarkan sepi pembeli. Namun, di era yang serba digital dan modern ini perusahaan dan UMKM bisa mulai memanfaatkan dunia internet/maya sebagai pengganti pasar. Perusahaan dan juga UMKM bisa memanfaatkan aplikasi sosial media yang sekarang sedang digandrungi masyarakat seperti instagram, facebook, whatsapp dan juga twitter sebagai pasar untuk menawarkan produknya. Dan disini juga akan kami njelaskan bagaimana cara menawarkan produk kita menggunakan fitur marketplace di facebook.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
T Technology > TX Home economics
Depositing User: teknikindustri umsida
Date Deposited: 13 Apr 2020 05:51
Last Modified: 13 Apr 2020 05:51
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6834

Actions (login required)

View Item View Item