Harga, Pembentukan Harga dan Keseimbangan Pasar

Firmansyah, Muhammad bayu adrio (2020) Harga, Pembentukan Harga dan Keseimbangan Pasar. Harga, Pembentukan Harga Dan Keseimbangan Pasar. pp. 1-17.

[img] Text
M Bayu Adrio F (191020700082) Teknik Industri 2A1 Jurnal Ekonomi Baru.pdf

Download (379kB)

Abstract

Seperti yang kita ketahui bahwa ekonomi takkan pernah lepas dari kata menjual, membeli, harga, dan mendapatkan keuntungan. Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli yang sudah sepakat dengan harga yang ditawarkan. Harga adalah bentuk atau nilai sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh seorang pembeli atau konsumen atas barang atau jasa yang sudah ia dapatkan dari penjual atau produsen. Harga pasar adalah tinggi rendahnya harga suatu barang yang terjadi atas kesepakatan produsen dengan konsumen. Sebelum terjadinya harga pasar, dimulai proses penetapan harga pasar. Yang ikut andil dalam penetapan harga pasar adalah para pelaku ekonomi, baik produsen maupun konsumen. Seorang produsen akan bisa menetapkan suatu harga barang berdasarkan dari beberapa hal termasuk biaya-biaya yang dikeluarkan dalam memproduksi suatu barang, selain dari jumlah permintaan barang dari konsumen, keuntungan yang ingin diperoleh, juga daya saing yang bisa saja terjadi anatar sesame produsen barang yang sama. Demi kestabilan harga, produsen akan melakukan hal-hal seperti menyediakan potongan harga atau diskon, atau melakukan promosi sehingga permintaan barang dari konsumen akan tetap dia peroleh dan permintaan barang juga bisa meningkat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Harga, produsen, konsumen, keuntungan, barang atau produk
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Engineering > School of Industrial Engineering
Depositing User: teknikindustri umsida
Date Deposited: 13 Apr 2020 05:50
Last Modified: 13 Apr 2020 05:50
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6826

Actions (login required)

View Item View Item