Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Sukoco, Jeri Wahyu (2017) Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

This is the latest version of this item.

[img] Text
148620600028 Jeri Wahyu Sukoco.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (304kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar, pada penyelesaian soal cerita yang berkaitan dengan keliling dan luas bangun persegi panjang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif true experimental yaitu pretest-Posttest Only Control group Design. Populasi dalam penelitian yaitu Siswa Sekolah Dasar kelas III B SDN Kalitengah 1 Kecamatan Tanggulangin, teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan analisis data menggunakan uji t. Karena Zhit (3,17) berada di daerah penolakan H0 maka keputusan adalah tolak H0. Sehingga dapat disimpulkan, dilihat dari tingkat signifikan sudah cukup bukti untuk menyatakan bahwa ada hubungan linier antara penyelesaian masalah pada keliling dan luas bangun persegi panjang menggunakan pembelajaran matematika relistik terhadap hasil belajar pada siswa kelas III B. Hal ini menunjukkan pembelajaran matematika realistik memiliki pengaruh yang besar terhadap kemampuan siswa SD dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling dan luas pada bangun persegi panjang.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 19 Aug 2017 12:42
Last Modified: 19 Aug 2017 12:42
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/664

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item