Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Menemukan Jumlah Jaring-Jaring Bangun Ruang Kubus

Yuliawati, Erna (2017) Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Menemukan Jumlah Jaring-Jaring Bangun Ruang Kubus. Universitas Muhammadiyah sidoarjo.

This is the latest version of this item.

[img] Text
148620600013 Erna Yuliawati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (162kB)

Abstract

Jaring-jaring kubus adalah kumpulan dari bangun datar yang jika dijadikan satu atau dilipat-lipat menurut garis yang berdekatan akan membentuk bangun ruang kubus. Kubus memiliki sebelas bentuk jaring-jaring. Namun, kenyataannya dalam materi menentukan jumlah jaring-jaring terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam menemukan jumlah jaring-jaringnya. Tujuan peneliti adalah untuk menganalisis kesulitan dan mengetahui faktor-faktor dalam kesalahan menemukan jumlah jaring-jaring kubus. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dipakai adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi SD Negeri Suko yang terdiri dari 5 siswa, dengan melihat hasil dari tes tulis yang telah diperiksa oleh guru dengan jawaban yang berbeda. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa (1) kurang telitinya siswa dalam melihat jaring-jaring kubus, (2) siswa salah dalam menentukan letak jaring-jaring kubus. Adapun faktor lain yang dapat mempengaruhinya yaitu kurang berpikir kritis siswa dan kurang konsentrasi siswa dalam menemukan jumlah jaring-jaring kubus.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 19 Aug 2017 12:38
Last Modified: 19 Aug 2017 12:38
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/658

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item