Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Menggunakan Media Manik-Manik Dengan Pembelajaran Kontekstual

Rahmawati, Ayu Vinda (2017) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Menggunakan Media Manik-Manik Dengan Pembelajaran Kontekstual. Universitas Muhammadiyah sidoarjo.

[img]
Preview
Text
148620600020 Ayu Vinda Rahmawati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (227kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa SD tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui pembelajaran kontekstual matematika bermedia manik-manik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SDN Pademonegoro 1 sukodono sidoarjo dengan jumlah 4 siswa. Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan tes tulis dan praktek menggunakan media manik-manik. Sebelum digunakan, soal terlebih dahulu diuji validitasnya. Setelah memperoleh data penelitian, peneliti menganalisis data penelitian tersebut menggunakan teknik analisis data. Berdasarkan hasil penelitian dari 4 siswa, ditemukan beberapa kesulitan dalam mengerjakan tes tulis dan praktek. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Hasil analisis data dan refleksi menunjukkan bahwa peningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat lebih tinggi setelah memperoleh pembelajaran kontekstual bermedia manik-manik daripada dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 13 Aug 2017 20:04
Last Modified: 13 Aug 2017 20:04
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item