Pendekatan Kontekstual Sebagai Solusi untuk Mengaktifkan Siswa Pada Matapelajaran Matematika Di Sekolah Dasar

Rahayu, Ichtiyani Silfi (2017) Pendekatan Kontekstual Sebagai Solusi untuk Mengaktifkan Siswa Pada Matapelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah sidoarjo.

This is the latest version of this item.

[img] Text
148620600003 Ichtiyani Silfi Rahayu.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (38kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi pembelajaran kepada siswa untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual di kelas IV SD Negeri 2 Punggul Gedangan pada materi pecahan. Dalam penelitian terdiri dari 33 siswa. pengaruh pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika tentang pecahan yang dilakukan untuk mengetahui keaktifan siswa dalam menyelesaikan masalah merupakan objek dari peneliti. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pendekatan kontekstual dalam penyelesaian masalah pecahan matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Punggul Gedangan Sidoarjo dengan adanya 33 siswa terdapat 5 siswa (15%) yang mampu menyelesaikan dengan benar dan 3 siswa (9%) aktif dalam menjaab pertanyaan dari guru. dalam hal ini dilakukan dengan menerapkan tujuh komponem pendekatan kontekstual yaitu : konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penelitian yang sebenarnya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 28 Aug 2017 01:01
Last Modified: 28 Aug 2017 01:01
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/639

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item