ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA BENTUK PECAHAN

Puspita, Reza Dwi (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA BENTUK PECAHAN. ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA BENTUK PECAHAN.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img]
Preview
Text
148620600033 Reza Dwi Puspita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (296kB) | Preview

Abstract

Pada semua Guru sekolah Dasar yang mengajar pada Sekolah-sekolah Dasar tertentu pasti harus mampu dan lebih memahami tentang materi yang akan dilakukan pada proses pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar (KBM) yang akan dicapai. Salah satu materi yang harus dikuasai oleh seorang guru adalah tentang bentuk pecahan. Pada bentuk pecahan yang berbeda penyebutnya, harus dicari KPK.nya terlebih dahulu. Tetapi pada kenyataannya siswa SD pada kelas IV masih belum bisa memahami dalam menyelesaikan soal pada bentuk pecahan yang berbeda penyebut sehingga peserta didik sering mengalami kesalahan dan kesulitan. Miskonsepsi sulit dihilangkan, sehingga berpengaruh pada rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang dialami siswa kelas IV SD Negeri Grogol. Alasan dipilihnya konsep peacahan yaitu karena pada materi pecahan dianggap sangat penting baik dalam penerapan konsep matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat menghindari terjadinya miskonsepsi. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan observasi pada siswa dan wawancara. Terdapat 10% (3 siswa) yang berani mengajukan pertanyaan dalam menyelesaikan soal bentuk pecahan yang tidak ia mengerti, 40% (12 siswa) dari 30 siswa yang tidak mengalami kesalahan, dan 50% (15 siswa) yang sering sekali mengalami kesalahan terus-menerus terhadap menyelesaikan soal-soal bentuk pecahan. Oleh karena itu hendaklah dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang tepat dan baik agar siswa bisa memecahkan masalah yang telah terjadi.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 08 Aug 2017 03:56
Last Modified: 08 Aug 2017 03:56
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/627

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item