puspita, handayani and Supriyadi, Supriyadi (2019) Reurgensi Teori Pendidikan Islam Telaah Konsep Pendidikan Anak dalam Al-Qur'an Surat Lukman. [Image]
Text
peerreview jurnal060.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan sarana untuk merubah individu menjadi lebih baik. Islam mengajarkan pendidikan dilaksanakan sejak dini jika ingin mendapatkan generasi yang unggul. Generasi yang unggul akan tercipta melalui Peran keluarga dan masyarakat dalam pembentukan karakter individu menjadi manusia unggul yang mampu mengemban tanggungjawab personal, tanggungjawab kepada masyarakat, dan tanggung jawab kepada Tuhannya. Kitab suci Al-Qur’an telah menjelaskan bahwa, secara garis besar konsep pendidikan bagi anak yang diajarkan oleh Allah SWT dalam surah Lukman:12-19. Pertama, Mengajarkan tentang Tauhid (Mengesakan Allah). Kedua, Menjalankan Ibadah sesuai ajaran Allah. Ketiga, senantiasa bersyukur akan nikmat Tuhan. Keempat, menghormati orang tua. Kelima, berperilaku adil. Keenam, jangan bersikap sombong dalam menjalani kehidupan. Nilai-nilai ini sudah mulai bergeser pada pola pendidikan dan pengajaran pada anak oleh orang tua ataupun di lembaga pendidikan. Penelitian ini merupakan Library Reseach atau Penelitian Kepustakaan. Penelitian ini memanfaatkan sumber dari perpustakaan untuk memperoleh data penelitian. Riset kepustakaan terbatas pada kegiatannya pada bahan-bahan koleksi perpustakaan saja tanpa memerlukan riset lapangan.
Item Type: | Image |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > School of Management |
Depositing User: | Puspita Puspita |
Date Deposited: | 20 Apr 2019 01:01 |
Last Modified: | 20 Apr 2019 01:01 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6190 |
Actions (login required)
View Item |