Analisis Kesalahan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat

Andriani, Ika Rahmah and Yustinah, Fatimatul and Nurika, Fitri (2017) Analisis Kesalahan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
Ika Rahma, Fatimatul Yustinah, Fitri Nurika.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (275kB) | Preview

Abstract

Hasil wawancara dengan seorang siswa kelas IV sekolah dasar diketahui bahwa siswa seringkali mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal operasi hitung campuran bilangan bulat. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai ulangan harian siswa pada materi operasi hitung campuran bilangan bulat yang belum mencapai KKM. Oleh karena itu baik guru maupun calon guru penting untuk mencari tahu jenis-jenis kesalahan apa saja yang seringkali dilakukan siswa dalam melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat sehingga guru maupun calon guru dapat melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran agar tidak terjadi kesalahan yang sama. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan apa saja yang dilakukan siswa kelas IV sekolah dasar dalam menyelesaikan soal matematika materi operasi hitung campuran bilangan bulat; (2) untuk mengidentifikasi jumlah dari masing-masing jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas IV sekolah dasar dalam menyelesaikan soal matematika materi operasi hitung campuran bilangan bulat. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa kelas IV sekolah dasar tahun ajaran 2016-2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal tes uraian terdiri dari 10 soal matematika materi operasi hitung campuran bilangan bulat. Berdasarkan data yang diperoleh, kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi operasi hitung campuran bilangan bulat kelas IV sekolah dasar yaitu jenis kesalahan konsep, kesalahan acak, dan kesalahan operasi hitung. Adapun jumlah dari masing-masing jenis kesalahan antara lain kesalahan konsep sebanyak tujuh, kesalahan acak sebanyak dua, dan kesalahan operasi hitung sebanyak satu. Jadi, jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah jenis kesalahan konsep yang disebabkan karena salah dalam memahami konsep yang telah diberikan oleh guru.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 13 Aug 2017 19:24
Last Modified: 13 Aug 2017 19:24
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/616

Actions (login required)

View Item View Item