ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SDN KEMASAN KRIAN KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMBULATAN DAN PENAKSIRAN

Putri, Dyah Kusumas and Annisa, Nur Aini and Mufidah, Ru’yatul (2017) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SDN KEMASAN KRIAN KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMBULATAN DAN PENAKSIRAN. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

This is the latest version of this item.

[img] Text
UAS MATEMATIKA DYAH NISA FIDA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (231kB)

Abstract

Sebagai seorang pendidik sekolah dasar haruslah menguasai semua mata pelajaran, salah satunya matematika. Seorang pendidik tidak hanya sekedar menguasai materi saja, melainkan juga harus meguasai cara mengajarkan pada peserta didik, dengan harapan peserta didik mampu memperoleh materi yang telah ajarkan. Supaya siswa mampu meneBerinisial materi yang diajarkan dengan baik. Namun harapan itu tidak tercapai apabila peserta didik dalam memperoleh materi – materi matematika mengalami kendala- kendala. Adapun kendala dalam proses belajar mengajar dapat berawal dengan kebiasaan siswa yang ramai, tidak mendengarkan penjelasan guru, hal ini juga akan berdampak pada pemahaman materi. Oleh karena itu peneliti memiliki tujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pembulatan dan penaksiran. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas V SDN Kemasan krian tahun ajaran 2017 – 2018. Instrumen yang digunakan ialah tes uraian yang terdiri dari 10 soal mengurutkan bilangan. Menurut data yang diperoleh kesulitan yang dialami siswa terletak pada pemahaman konsep. Dalam hal ini menjadi penyebab siswa merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal tersebut. Terlebih jika siswa tidak mau bertanya apabila belum mengerti mengenai apa yang sudah diajarkan oleh guru. Kata Kunci : analisis miskonsepsi, jenis kesalahan, pembulatan dan penaksiran

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 24 Aug 2017 01:04
Last Modified: 24 Aug 2017 01:04
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/602

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item