ANALISA KESULITAN SISWA KELAS DUA SDN WONOPLINTAHAN II DALAM PEMECAHAN MASALAH PEMBAGIAN BILANGAN DUA ANGKA

wijayanti, arifanti ervian (2017) ANALISA KESULITAN SISWA KELAS DUA SDN WONOPLINTAHAN II DALAM PEMECAHAN MASALAH PEMBAGIAN BILANGAN DUA ANGKA. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
Arifanti Ervian Wijayanti..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (578kB) | Preview

Abstract

Tugas seorang pelajar adalah belajar, tugas seorang siswa adalah mampu mencapai tujuan pembelajaran dalam setiap proses belajarnya. Seorang siswa tidak akan dapat mencapai KKM bila tidak menguasai materi yang dipelajari dengan baik dan benar sehingga siswa akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal ujian yang ada. Akibatnya siswa tidak dapat mencapai KKM dan mendapatkan nilai merah dalam mata pelajaran tersebut sebagai bukti dari kegagalan PBM. Adapun cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut yakni dengan melakukan analisa kesulitan pemecahan masalah pada materi yang paling sulit untuk dipahami siswa yakni materi pembagian bilangan dua angka. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan secara rinci jenis-jenis kesulitan siswa beserta faktor penyebab kesulitan siswa dalam memahami materi pembagian bilangan dua angka. Subjek penelitian adalah salah seorang siswa di kelas dua SDN Wonoplintahan II. Instrumen yang digunakan adalah test uraian dari 5 subkategori dari materi pembagian bilangan dua angka yang terdiri dari beberapa latihan soal berisi 5 soal ditiap latihannya. Sesuai dengan data yang didapatkan kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan verbal. Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan jenis-jenis kesulitan yang dihadapi siswa materi ini. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang dipakai yakni pengumpulan data dari lembar tes dan wawancara. Subjeknya yakni seorang siswa SDN Wonoplintahan II. Ditinjau dari kesulitan pemecahan masalahnya penelitian ini menggunakan teori Polya untuk analisis datanya yakni understanding the problem, devising a plan, carry out the plan, dan looking back. Jenis kesalahan yang dilakukan siswa adalah siswa tidak memahami materi, kebingungan dalam prinsip, dan mengalami kesulitan verbal dalam menyelesaikan soal serta siswa malas mengerjakan latihan soal untuk mendalami materi tersebut. Kata Kunci: analisa kesulitan, pemecahan masalah, pembagian bilangan dua.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 24 Aug 2017 00:38
Last Modified: 24 Aug 2017 00:38
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item