ANALISIS KESALAHAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH

Hikmah, Amirotul and Ningsih, Dita Fidia (2017) ANALISIS KESALAHAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
AMIROTUL HIKMAH DAN DITA FIDIA1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (310kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar agar pesrta didik terbekali dengan kemampuan berfikir logis, analisis, kritis, dan kreatif serta memiliki kemampuan bekerja sama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola serta memanfaatkan informasi. Berdasarkan permasalah yang terjadi di kelas II SDN Kedungrawan 1 Krembung Sidoarjo dapat digambarkan pada umumnya, khususnya dalam menyelesaikan soal penjumlahan bilangan cacah masih mengalami kesulitan.Terdapat beberapa kesalahan pada operasi penjumlahan bilangan cacah yaitu siswa menjumlahkan ratusan dengan ratusan, puluhan dengan puluhan, dan satuan dengan satuan dan kesalahan terdapat pada operasi penjumlahan bilangan cacah siswa lupa menjumlahkan penyimpannya satuan dengan satuan, puluhan dengan puluhan dan satuan dengan satuan. Kesalahan operasi hitung penjumlahan disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa dalam operasi penjumlahan bilangan cacah, teknik menyimpan serta kurang hati-hati dalam menyelesaikan soal tersebut.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 13 Aug 2017 20:03
Last Modified: 13 Aug 2017 20:03
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/592

Actions (login required)

View Item View Item