Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Soal Matematika Melalui Model Pembelajaran Langsung Direct Intruction

Rachman, Rizki Amalia (2017) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Soal Matematika Melalui Model Pembelajaran Langsung Direct Intruction. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
Rizki Amalia Rachman.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (185kB) | Preview

Abstract

Setiap siswa mempunyai kemampuan berpikir yang berbeda-beda, baik dalam kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan soal matematika dengan pembelajaran langsung (direct instruction). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 6 MI ALHIDAYAH Sumbersuko. Jenis penelitian menggunakan eksperimen yang dilakukan selama dua kali untuk mengetahui seberapa jauh tingkat keberhasilan dengan menggunakan pembelajaran langsung (direct instruction) ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Hasil sampel diperoleh dari satu siswa yang cenderung memiliki nilai yang rendah dalam mata pelajaran matematika. Instrumen yang di gunakan berupa tes objektif bentuk soal sebanyak 10 soal esay. Hasil eksperimen menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction) diperoleh ada pengaruh yang signifikan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 10 Oct 2017 05:46
Last Modified: 10 Oct 2017 05:46
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/565

Actions (login required)

View Item View Item