ANALISIS KESALAHAN SOAL UTS ANAK SD KELAS III SDN LOLAWANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN SEDERHANA

Putri, Ika Rena (2017) ANALISIS KESALAHAN SOAL UTS ANAK SD KELAS III SDN LOLAWANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN SEDERHANA. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
RENA ARTIKEL REV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (230kB) | Preview

Abstract

Siswa SD kelas III harus menguasai materi pecahan sederhana, menguasai konsep dasarnya, serta mampu menggunakan dengan tepat perkalian dan pembagian yang digunakan dalam materi pecahan sederhana. Hal ini dikarenakan agar mampu menyelesaikan suatu permasalahan dalam materi tersebut. Apabila siswa kurang mampu memahami materi pecahan tersebut dapat dipastikan bahwa pada pencapaian tujuan pembelajaran sesuai SK dan KD tidak dapat terpenuhi, dan nilai siswa rata-rata dibawah KKM. Untuk mengantisipasi banyaknya kesalahan pada materi pecahan sederhana dapat dilakukan dengan cara menganalisis kesalahan pada materi yang memiliki kesalahan terbesar. Tujuan penelitian ini tidak lain untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan beserta faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa SD kelas III dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan sederhana. Subjek penelitian adalah siswa SDN Lolawang Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto semester II tahun ajaran 2016-2017 yang terdiri dari 24 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang terdiri dari 3 soal cerita pecahan sederhana. Menurut data yang diperoleh kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan jenis kesalahannya meliputi kesalahan konsep, prinsip, dan operasi. Faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa antara lain kurangnya pemahaman baca (kurang teliti dalam mengartikan per kalimat) karena bahasa yang digunakan tidak langsung berfokus pada bahasa matematika melainkan bercampur dengan bahasa indonesia, siswa merasa materi pecahan bersifat abstrak, siswa lebih menyukai pelajaran yang konkrit, siswa lebih berani bertanya, berpendapat kepada teman sejawatnya daripada bertanya kepada guru, siswa tidak suka matematika, siswa tidak suka berhitung yang dalamnya terdapat pecahan, siswa mempunyai karakteristik lambat belajar, siswa tidak terbiasa berlatih menyelesaikan soal cerita dalam materi pecahan sederhana.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 22 Aug 2017 05:53
Last Modified: 22 Aug 2017 05:53
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item View Item